Friday, April 25, 2008

Makhluk Misterius itu bernama Pria

Dari dulu..qt sudah tau klo pria n wanita itu berbeda..yang paling jelas terlihat adalah secara fisik..
Bukan cuma itu saja..kadang qt sebagai wanita..tidak bisa memahami apa yang mereka pikirkan..
Karena secara psikologis..pria n wanita memang berbeda..


Gue banyak sekali mengalami n merasakan perbedaan itu..
Meski gue tau apa yang membedakannya..gue banyak baca buku n referensi tentang ini..tetap saja gue kesulitan memahami mereka..karena kembali..manusia itu diciptakan dengan kekomplekan yang menyertai..


Secara struktur otak..wanita punya pusat perasaan di kedua belahan otaknya..sehingga wanita bisa dengan mudah mengungkapkan perasaannya tanpa usaha..sedangkan pada pria pusat perasaan n kemampuan mereka mengungkapkan perasaan berada disisi yang berseberangan..itulah mengapa mereka sulit banget menyatakan perasaannya..


Pada sebuah film tentang science yang membahas perbedaan cara pandang pria n wanita..secara signifikan sudah terlihat perbedaan itu bahkan ketika masih bayi..
Seorang bayi perempuan akan melihat..menganalisa ketika dia diberi bola..
Tetapi bayi laki2 akan melemparkan bola tersebut..
Ketika sekelompok balita laki2 n perempuan membangun istana pasir..ketika selesai, kelompok anak perempuan akan langsung berkenalan n menggunakan kesempatan untuk saling berbagi perasaan..sedangkan anak laki2 lebih berorientasi pada hasil n tujuan serta kurang tertarik kepada satu sama lain sehingga tidak akan berinteraksi.


Pria selalu ingin membuktikan siapa diri mereka sehingga mereka secara aktif mencari peluang untuk bersaing n meraih prestasi. Wanita menciptakan peluang untuk paling berbagi. Itulah kenapa kegiatan arisan identik dengan ibu2 n jarang sekali ada arisan bapak2 karena arisan mempunyai kesan feminin..karena isi kegiatannya..yang cenderung berbagi..


Para pria berkomunikasi satu sama lain berdasarkan fakta2. Wanita menggunakan percakapan untuk bertukar rasa n membangun hubungan.
Makanya lebih banyak yang hobi curhat itu cewe2..sedangkan para pria tidak biasa bercerita tentang dirinya sendiri kecuali untuk mengesankan pria lain..


Pria merasa berkompeten berkomunikasi berdasarkan fakta. Jika pria tidak bisa tampil istimewa dalam suatu kegiatan, dia akan cenderung menghindarinya.
Pria tidak suka konflik. Para pria mungkin takut jika dia mengatakan apa yang dipikirkannya, qt para wanita akan marah n menyebabkan pertengkaran.
Dari pada menghadapi konfrontasi, pria cenderung menghindari.


Marah merupakan satu2nya perasaan yang bisa diungkapkan secara bebas olah pria. Rasa sedih, takut, cemas, kesepian dianggap tidak macho.
Di luar, penampilannya keras, di dalam, pria takut ditolak n dicela. Karena itu akan sangat menghancurkan harga dirinya n itu sama saja dengan mati.


Setelah tau apa yang membedakan pria n wanita..seharusnya qt tau gimana bersikap dengan perbedaan itu..tapi..sebagai manusia..qt kadang lupa..n menganggap pria sama seperti wanita n wanita sama seperti pria..
Dari pengalaman gue..kadang gue tetap tidak bisa mengerti sikap pasangan gue yang cenderung menghindar pada saat dia punya banyak masalah..
Kadang itu yang jadi konflik..para wanita mengharapkan pria bisa berbagi perasaan n masalah..sedangkan para pria ingin mengatasi masalahnya sendiri n menginginkan waktu untuk menyendiri..


Karena dasarnya yang emang dah beda..perlu kompromi..perlu pemahaman yang lebih..perlu kesabaran..perlu cara pandang berbeda..
Sampai kapanpun pria n wanita akan tetap berbeda..cuma komitmen yang kuat yang akan menyatukannya..

No comments: