Sunday, April 20, 2008

Hari Kartini

Klo ngikut waktu di google..pasti sekarang belum tanggal 21 April..padahal waktu Indonesia dah tanggal 21 April yang diperingati sebagai hari Kartini..


Hari Kartini..ada banyak demo aktivis perempuan di Jakarta n banyak kota lainnya..
Menuntut kesejahteraan n kesetaraan kaum perempuan..
Klo Kartini ada hari ini..mungkin dia akan bangga..karena sekarang perempuan Indonesia mendapatkan kesempatan pendidikan yang sama seperti lelaki..meski masih banyak diskriminasi disana sini..
Tapi mungkin Kartini juga akan sedih dengan banyaknya perempuan yang menyalahi kodratnya..
Selalu saja ada pro n kontra dalam hidup..


Sementara di Jakarta aktivis perempuan mengajukan tuntutan ke pemerintah..salah satunya adalah penghapusan poligami..ironisnya..yang gue denger..Kartini sendiri tidak menjalani monogami..dia juga menjalani poligami..entah itu terpaksa or tidak..karena kondisi kultural waktu itu..
Poligami akan tetap menjadi kontroversi..
Karena itu pilihan..maka menurut gue..tiap orang boleh memilih..menurut keinginannya n kemampuannya masing2..


Kembali melihat peran Kartini2 jaman sekarang..banyak prestasi membanggakan yang dilakukan Kartini2 Indonesia..
Meski keterbatasan..n kekurangan selalu mengiringi..


N buat gue..Kartini gue adalah nyokap gue..
Smua yang telah diberikan ke gue..dengan kelebihan n kekurangannya..tapi tetap..yang terbaik yang gue dapat..
Ketulusannya tidak ada duanya..
Bahkan dengan mengingatnya..menuliskannya..seperti sekarang membuat gue berkaca2..
N sedihnya..gue belum melakukan apapun untuk membalasnya..
Selama ini gue cuma berusaha untuk tidak membuatnya marah..n gue belum berbuat banyak untuk membuatnya bahagia..


Sebagai generasi penerus..sebagai perempuan Indonesia..dah selayaknya qt mulai berbuat sesuatu sesuai dengan kemampuan qt..untuk diri sendiri..untuk keluarga..untuk bangsa..untuk perempuan..


Teruslah berjuang Kartini2 Indonesia..
Selamat hari Kartini untuk semua perempuan Indonesia..

No comments: