Sunday, May 18, 2008

Melatih Ketajaman Pikiran

Setiap kali jika berolahraga melatih otot2 utama, jangan lupa melatih otak juga. Sel2 syaraf yang menguatkan ingatan n kecerdasan mental juga perlu latihan biar bisa berkembang, seorang ahli menawarkan latihan otak untuk mental yang mulai lempem. Berikut, beberapa contoh strategi agar pikiran tetap tajam.


*Gunakan tangan yang berlawanan.
Gosok gigi dengan tangan berlawanan dari yang sering digunakan, bisa dikatakan dengan latihan neurobic karena mengaktifkan jalan2 di otak yang jarang digunakan. Masalahnya hanya mengganti kebiasaan rutin aja.


*Sexercise pikiran.
Menurut seorang ahli, berhubungan intim bisa dikatakan sebagai neurobic jika melibatkan seluruh panca indera. Sebarkan daun bunga mawar di ranjang, dengarkan musik latin yang panas, bakar dupa lavender.


*Jangan gunakan yang serba otomatis.
Lebih baik buka jendela dengan alat yang diputar tangan n biarkan angin mengeringkan rambut or tempuh rute baru ke tempat kerja.


*Tinggalkan kebiasaan istirahat minum kopi.
Coba lakukan jalan2 15 menit di sekitar kantor untuk menyentak panca indera.


*Lebih sering lakukan memorcize.
Seorang ahli menyarankan teknik s-i-n-g untuk mengingat cerita n humor yang merupakan singkatan dari 'Stop' n fokus. 'Identifikasi' alasan utama. 'Never mind', jangan merisaukan detail. N 'Get', pahami atau dapatkan intisarinya.


Meski usia tidak dapat dicegah, memaksimalkan yang qt punya adalah faktor penting mengantisipasi kelemahan karenanya.

No comments: