Wednesday, May 28, 2008

Cara Lain Memaksimalkan Ingatan

Banyak cara untuk membuat otak bekerja maksimal, beberapa kali dah gue bahas.
Ini cara lain yang bisa dilakukan.


*Olahraga fisik.
Penelitian yang dilakukan sejak tahun 1960 telah menemukan adanya hubungan yang positif antara aerobik n fungsi otak yang lebih baik. Olahraga meningkatkan aliran darah ke otak n meningkatkan pertumbuhan sel2 otak. Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 1996, membandingkan tikus2 yang aktif secara fisik dengan tikus2 yang tidak banyak bergerak. Ahli dari Amerika menemukan tikus2 aktif ternyata memproduksi lebih banyak kadar zat kimia otak BDNF - brain drive neurotrophic factor. Dijelaskan, BDNF dapat diumpamakan sebagai pupuk tanaman, meningkatkan pertumbuhan sel2 otak. Peningkatan terbesar terjadi di daerah otak yang berkaitan dengan belajar n ingatan. Hasil yang sama akan terjadi pada orang2 yang aktif pula. ( Sumber : The Age )


*Olahraga mental.
Teka teki silang, belajar bahasa baru, membaca, menulis merupakan gimnastik mental yang bisa meningkatkan kekuatan otak. Sama seperti bagian tubuh lainnya, semakin banyak digunakan, semakin kuat ingatan.


*Istirahat.
Jika harus belajar untuk jangka waktu panjang, akan bisa mengingat lebih banyak jika istirahat 10 menit setiap jam. Ini merupakan cara mengingat yang paling efektif yang dibuktikan dalam beberapa waktu terakhir.


Memelihara apa yang qt punya adalah bentuk dari rasa bersyukur. Menjaga pemberianNYA n menggunakannya untuk kebaikan, salah satunya.

1 comment:

Anonymous said...

Terima kasih atas infonya. Aku lagi berjuang keras buat ningkatin ingatan. Aku akan coba cara-cara yang mbak berikan di atas.