Wednesday, May 21, 2008

Jadikan Relaksasi sebagai Kebiasaan

Percaya or tidak, relaksasi memerlukan disiplin. Coba terapkan saran ini n raih ketenangan dalam hidup.


*Rileks pada waktu yang sama setiap hari. Bisa dilakukan sambil jalan2 di sore hari sambil menikmati matahari tenggelam. Ini sudah merupakan suatu bentuk meditasi. Pikiran menjadi tenang n fisik jadi segar karena jalan kaki.


*Usahakan agar tetap tenang di saat terjadi kericuhan. Setelah sibuk beraktifitas, coba berhenti melakukan kegiatan. Duduk n hitung perlahan sampai 20. Ini sudah cukup untuk menenangkan pikiran sambil mengingatkan diri bahwa stres hanya bisa terjadi jika qt memang mengijinkan diri qt stres. Dengan kata lain, qt bisa melarang diri qt biar tidak stres.


*Biarkan hal2 kecil berlalu. Terima kenyataan bahwa sesekali qt tidak bisa merapikan tempat tidur, melap kering piring yang sudah dicuci. Izinkan diri qt untuk menerima sedikit penyimpangan n qt akan banyak menemukan keseimbangan dalam hidup ini.


Qtlah pengendali dari tubuh qt. Apapun yang dialami tubuh qt, qt yang merasakan. Ada hal2 yang di luar jangkauan qt. Tapi ada juga hal2 yang bisa dikendalikan. N tugas qt adalah untuk menggunakan hal2 tersebut untuk kelangsungan hidup qt. Menggunakan, menjaga, memelihara apa yang telah Tuhan berikan.

No comments: