Monday, May 12, 2008

Berhenti Cemas

Sebagai manusia, wajar qt pernah cemas akan sesuatu hal. Tapi itu akan menjadi mengganggu jiwa klo berlebihan. Hampir 90% dari pemikiran diduga berkaitan dengan kecemasan. Padahal fakta membuktikan, 95% dari hal yang dicemaskan itu tak pernah terjadi atau berada di luar kemampuan qt untuk mengendalikannya.


Jika lu sering cemas n membenarkan banyak hal, berhenti sekarang juga. Rasa cemas bisa mempengaruhi sistem imun, membuat qt lebih rentan terhadap penyakit tertentu seperti pilek, bahkan kanker.


Rasa cemas juga mempengaruhi kebahagian. Seringnya kecemasan itu membuat qt kehilangan saat2 yang paling membahagiakan dalam hidup. Untuk jangka panjang, kebenaran itu bisa membahayakan hubungan dengan pasangan or orang lain karena menimbulkan berbagai ketegangan.


Coba lakukan strategi berikut untuk berhenti dari cemas.


*Visualisasi.
Para atlit melakukannya untuk membantu memenangkan saat2 gawat. Bayangkan rasa cemas itu bertiup pergi bersama angin lalu, hanyut ke lautan or tenggelam bersama sang surya.


*Ubah arah.
Jika sedang cemas, alihkan fokus dengan mengubah apa yang sedang dilakukan. Nyalakan musik, or pergi jalan2, or pergi ke gym. Olahraga membuat tubuh melepaskan zat kimia yang menimbulkan rasa senang, endorphin, yang bisa mengalahkan rasa cemas.


*Bertindak sekarang juga.
Berhenti cemas n lakukan sesuatu tentang hal yang dicemaskan. Jika mencemaskan kesehatan, lakukan check up ke dokter sehingga pikiran bisa tenang. Jika masalahnya adalah uang, coba cari jalan keluarnya. Jika cemas tentang seseorang, coba telpon dia untuk memastikan hal yang dicemaskan.


*Cerita.
Menceritakan rasa cemas bisa meringankan pikiran. Telepon teman yang bersimpati n minta saran2nya. Sehingga qt bisa kembali berpijak pada dunia nyata.


*Makan yang baik.
Konsumsi makanan yang kaya vitamin B n folic acid agar tetap tenang n mengusir rasa panik. Artinya yang harus dimakan adalah telur, padi2an penuh, daging, kacang2an n keju.


*Berdoa n berzikir.
Ini jurus terjitu yang gue punya. Saat cemas mendera, gue akan banyak istighfar. Sambil terus berdoa. Any time any place. Sebanyak mungkin. N hasilnya, gue akan lebih tenang n kecemasan itu cuma kecemasan semata n tidak pernah terjadi. Jalan keluar itu akan terbuka dengan sendirinya saat qt pasrahkan diri kepadaNYA. Yang ini, gue garansi 1000% khasiatnya.


Masa lalu telah habis masanya, esok masih misteri Illahi, yang qt miliki adalah hari ini. Tiada guna bersedih n cemas, lakukan yang terbaik untuk hari ini.

No comments: