Friday, May 16, 2008

Apakah Qt akan Hidup sampai Umur 100 ?

Pernahkah qt membayangkan apa yang dilakukan di tahun 2070 atau 2080 ? Kemungkinannya adalah, qt bahagia n cukup sehat, jika qt mempunyai kepribadian panjang umur. Jika faktor keturunan, gaya hidup n peluang berperan dalam menentukan umur panjang, kepribadian mungkin jauh lebih menentukan dibanding dugaan sebelumnya, begitu menurut penelitian terakhir di Harvard Medical School. Untuk menguji potensi jangka hidup, ajukan pertanyaan berikut kepada diri sendiri :


*Apakah setiap hari memberikan banyak waktu untuk aktivitas yang menyenangkan ?


*Apakah dapat menertawakan kesalahan diri sendiri ?


*Apakah terus menjaga hubungan dengan keluarga n teman2 lama n juga mencari teman baru ?


*Saat menghadapi kekecewaan, apakah menerima kesedihan lalu terus bangkit n bergerak maju ?


Jika jawabannya adalah ya untuk hampir semua pertanyaan di atas, mungkin qt punya syarat yang diperlukan untuk mencapai usia 100. Menurut seorang neuropsychologist, sifat utama panjang umur antara lain tenggang rasa, pandai bergaul, punya rasa humor, n kemampuan untuk menghadapi kesedihan. Jika mempunyai skor rendah untuk bidang2 ini, jangan menyerah. Orang2 lanjut usia saat ini mungkin tak pernah mencoba meditasi, fantasi tuntunan, or yoga untuk mengatasi stress. Tapi qt punya akses ke arah ini n qt bisa belajar hal2 alami yang dilakukan para lansia.


Terus bersyukur n menerima hidup apa adanya sangat membantu qt menikmati hidup dengan nyaman. Apa yang lebih indah dari hidup tenang n nyaman ?

No comments: