Sunday, May 4, 2008

Cara Bertengkar yang Benar

Dalam suatu hubunga, terdapat 2 kepala n 2 hati yang memungkinkan terjadinya perbedaan n ketidakcocokan.
Qt n pasangan qt begitu dekat sehingga tau semua rahasia n impian2nya. Jadi, waktu bertengkar, qt benar2 tau cara untuk menyakitinya. Kendati pertengkaran sering merupakan hal yang tidak terhindarkan dalam suatu hubungan, terutama dalam perkawinan, pasangan dapat bertengkar dengan cara yang sopan jika ditangani dengan tepat.


*Tinggalkan sejarah kuno.
Kesalahan yang paling sering dilakukan pasangan adalah saat bertengkar selalu mengungkit kesedihan atau rasa sakit di masa lalu. Disarankan untuk fokus pada masalah yang sedang terjadi n hanya mengomentari perilakunya yang sekarang n tidak melebar kemana2.


*Dengarkan dengan baik.
Untuk memastikan benar2 saling mendengarkan satu sama lain, mungkin bisa menjalankan sistem ini : salah satu diijinkan untuk bicara selama 5 menit tanpa dipotong or disela. Lalu pasangannya mengulang apa yang sudah didengar n diberi kesempatan untuk merespon. Gunakan cara seperti diskusi untuk tetap menunjukkan respect meski dalam keadaan bertengkar.


*Istirahat sejenak.
Jika pertengkaran tampak makin panas n sulit dihentikan, istirahat dulu untuk mendapatkan perspektif baru. Berbeda dengan perspektif populer, qt boleh tidur dalam keadaan marah. Tapi sesudah itu kembali lagi untuk membicarakan masalah tersebut. Klo tidak, pasangan qt akan makin marah karena ditinggal begitu saja.


*Temukan kesamaan.
Terkadang, yang harus dilakukan untuk mengakhiri pertengkaran adalah mengakui, bahwa qt n pasangan berada disisi yang sama. Akan bisa membantu jika berkata, " Saya setuju dengan kamu tentang hal ini. Yang qt pertengkarkan hanya detailnya saja."


Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Menyikapinya dengan sabar, mengkomunikasikan dengan pasangan secara baik n tanpa menghakimi adalah salah satu cara menuju jalan keluar.
Emosi n amarah hanya akan mendatangkan penyesalan akhirnya.
Ada hal yang harus diutamakan dalam berpasangan, yaitu komitmen untuk tetap bersama dalam keadaan apapun. Masalah akan datang n pergi dengan sendirinya. Kebersamaan yang akan membuat qt merasa lebih kuat menghadapinya.

No comments: