Sunday, February 24, 2008

Kegagalan itu..

Dalam hidup..qt tidak saja mengalami hal yang indah2 saja..misal..jatuh cinta..tapi qt juga bisa mengalami yang namanya gagal..kegagalan..
Entah itu di kerjaan..di pendidikan..bahkan urusan cinta tadi..


Yang mau indahnya jatuh cinta..harus siap juga menderita karena cinta..
Cinta itu kan satu paket dengan bahagia n kecewa..
Klo ada istilah fallin..jatuh cinta..ada juga istilah patah hati..kecewa..


Yang namanya hidup itu kan ada pro n kontra..selalu ada hitam putih..ada senang n sedih..ada bahagia n kecewa..
Tapi hidup gak selalu isinya kecewa terus..
Ada juga indahnya hidup..


Seperti kata Gibran..hidup ini perjuangan tanpa henti..
Selama qt masih hidup..anugerah n masalah itu selalu menyertai..
Tinggal gimana qt menyikapi aja..mo terpuruk n meratapinya..or bangkit n semangat menghadapi hidup..
Sepertinya mudah..tapi percayalah..itu butuh semangat n komitmen..


Sebagai manusia..gue banyak mengalami bahagia n kecewa..
Semuanya memperkaya hidup gue..menempa diri gue untuk lebih dewasa menyikapi hidup..
Gue belum dewasa banget sih..masih tahap belajar..
Makanya ketika kecewa itu datang..langsung down..
Segala teori filsafat hidup yang gue tau..mendadak ilang..otak benar2 blank..
Support dari sahabat bagai air di padang tandus..tapi tetep..gue bukan kaktus yang bisa hidup di padang tandus dengan sekali siram air..


Rasanya..dunia bagai runtuh..sulit menolong diri sendiri untuk bisa berdiri lagi..jangankan berdiri..duduk aja terasa berat..
Di otak hanya ada mendung..mendung..n mendung..
Air mata bagai tak bisa mengering..ingat sesuatu bawaannya nangis..
Jadi sensi banget..
Kacau pokoknya..


Tapi gue bersyukur..punya sahabat..keluarga yang seru..
Mereka mensupport dengan caranya masing2..
Tentu support saja tidak cukup..karena smua tergantung gimana gue memanage perasaan n hati plus otak gue..
Klo gue mo terpuruk dengan kegagalan itu..ya gue akan menjalani sisa hidup gue dengan meratapi nasib..menangis..marah..kecewa..semua terasa gelap..
N itu adalah cara menjalani hidup yang buruk..
Gue gak mau itu..


Sudah cukup gue mendung..jangan terlalu lama..gak baik untuk kesehatan jiwa..
Hidup ini masih terlalu indah untuk dijalani dengan kesedihan..
Banyak hal yang bisa membuat qt melihat hidup ini indah..
Mengubah cara pandang tentang hidup..
Mensyukuri smua yang telah Tuhan berikan untuk gue..
Memperbaiki diri menjadi manusia yang lebih baik..


Gue punya trik dalam mengatasi kecewa..gagal..sedih..
Biasanya diawal..gue akan menikmati rasa sedih kecewa n gagal itu..
Gue manusia biasa..mengekspresikannya bisa dengan nangis..berdiam diri..mengurung diri..refleksi diri..
Tapi jangan terlalu lama..beri tenggat waktu..seperti masa berkabung..biasanya seminggu..tapi klo masih kurang..boleh nambah de..ma gue..bisa nego lah..hehe..
Selama itu..gue mulai motivasi diri..support sahabat n keluarga udah mengalir..
Gue baca buku tentang motivasi hidup..buku favorit gue..La Tahzan..yang artinya 'Jangan Bersedih' jadi bacaan wajib gue pas lagi kecewa..
Disitu dituliskan tentang filsafat hidup dilihat dari sudut pandang islam..agama gue..
N itu mantap banget..
N bukan bermaksud promosi..gue sarankan setiap orang punya buku itu..or paling gak baca buku itu..
Sumpah gue gak dapat bagian dari Dr.Aidh Al Qarni..hehehe..
Tapi..buku bagus seperti itu..layak dibaca..
Klo pernah nonton film Naga Bonar Jadi 2..pasti tau..buku itu diberikan oleh Lukman Sardi kepada Dedy Mizwar..pas naek bajajnya..
Inget kan??


Kegagalan itu..bagian dari hidup..smua orang akan mengalaminya..
Ingat..qt yang mengendalikan otak..bukan otak yang mengendalikan qt..
Jangan biarkan diri qt terpuruk meratapi nasib..
Jadikan kegagalan sebagai jalan menuju manusia yang lebih baik..


Life so beautiful..

No comments: